header-int

Visi Misi

Posted by : Administrator
Share

VISI, MISI DAN TUJUAN MTS AL-MA’RUF MARGODADI

” MEWUJUDKAN MADRASAH BERGENERASI ISLAMI, DISIPLIN DANBERBUDI PEKERTI YANG LUHUR

Visi tersebut dapat di jabarkan dalam indikator sebagai berikut :

Visi

Indikator

Mewujudkan Madrasah Bergenasi Islam

  1. Pengamalan nilai-nilai Ajaran Agama Islam secara benar dan konsekuen.
  2. Perilaku yang  islami dalam pergaulan di sekolahdan di masyarakat.
  3. Menjadi teladan yang baik bagi semua warga mdrasah, orang tua, guru dan masyarakat dalam berperilaku dan bertutur kata yang sesuai dengan Ajaran Agama Islam;
  4. Berhubungan baik kepada Allah Swt (hablumminallah) maupun kepada sesama manusia (hablumminannas) dan alam;
  5. Menjalin kerjasama dengan masyarakat dalam berbagai kegiatan yang positif sebagai wujud sikap sosial sesuai dengan syariat Islam.

Disiplin

  1. Disiplin warga madrasah/sekolah sesuai dengan standar yang berlaku;
  2. Kegiatan pembinaan dan pengembangan minat, bakat dan kemandirian siswa;
  3. Melaksakan aturan dan tatatertib yang berlaku untuk semua warga madrasah.

Berbudi Pekerti Yang Luhur

  1. Beriman, berpikir matang, pemaaf, rendah hati, dapat bersikap adil.
  2. Jujur, amanah, bisa percaya dan bisa dipercaya
  3. Berusaha untuk meminimalkan kejadian negatif.
  4. Berusaha menanamkan norma yang mulai dikurangi oleh remaja saat ini.
  5. Meningkatkan kualitas hidup manusia melalui pemahaman pendidikan etis.
  6. Rela menerima keadaan, sabar, mawasdiri, dan berbudi luhur.

Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita Madrasah yang :

  1. Berorientasi kedepan dengan memperhatikan potensi kekinian;
  2. Sesuai dengan norma dan harapan masyarakat;
  3. Ingin mencapai keunggulan dan prestasi yang terbaik;
  4. Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga madrasah dalam mendarmabaktikan untuk kepentingan dunia pendidikan;
  5. Mendorong adanya perubahan yang lebih baik;
  6. Mengarahkan langkah-langkah strategis (misi) madrasah, dan
  7. Menunjukkan kewibawaan dan keberadaan madrasah di tengah-tengah masyarakat melalui perilaku dan prestasi.

Misi MTs Al-Ma’ruf Margodadi

  1. Menumbuhkembangkan lingkungan dan perilaku religius dengan mengamalkan dan menghayati nilai-nilai Ajaran Agama Islam secara nyata;
  2. Menumbuhkembangkan perilaku terpuji dan menjadi teladan bagi teman dan masyarakat;
  3. Meningkatkan hubungan kerjasama antara warga madrasah dengan lingkungan masyarakat melalui berbagai kegiatan positif.
  4. Meningkatkan sikap disiplin untuk semua warga madrasah;
  5. Melaksakan tata tertib yang berlaku untuk semua warga madrasah
  6. Membimbing dan mengembangkan minat serta bakat peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler secara efektif;
  7. Meningkatkan efektivitas pembelajaran dan bimbingan secara optimal;
  8. Meningkatkan profesioanalisme dan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan;
  9. Meningkatkan pelayanan yang optimal bagi seluruh warga sekolah, baik sarana maupun prasarana pendidikan;
  10. Memotivasi dan menghasilkan siswa yang berprestasi;
  11. Menumbuhkan semangat keuggulan warga madrasah dalam berkarya dan berdedikasi

 

Tujuan MTs Al-Ma’ruf Margodadi

Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Adapun tujuan pendidikan MTs Al-Ma’ruf Margodadi yang merupakan penjabaran dari visi dan misi madrasah agar komunikatif dan bisa diukur adalah sebagai berikut:

  1. Terlaksananya peningkatan pembinaan nilai-nilai moral dana khlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari;
  2. Meningkatkan kedisiplinan untuk semua komponen warga madrasah sesuai dengan standar dan ketentuan yang berlaku;
  3. Terlaksananya kepatuhan terhadap aturan dan tatatertib yang berlaku untuk semua warga madrasah;
  4. Terciptanya jalinan kerjasama yang harmonis antara sesama warga madrasah, orang tuasiswa, masyarakat, dan semua stakeholders madrasah lainnya;
  5. Terlaksananya tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) masing-masing komponen madrasah;
  6. Terlaksananya pengembangan kurikulum secara bertahap, melalui pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan;
  7. Tercapainya optimalisasi kegiatan proses belajar mengajar (KBM) yang berorientasi kepada penerapan CTL dan pendekatan saintifik;
  8. Tercapainya perolehan nilai akademis siswa meningkat dari tahun ketahun;
  9. Terlaksananya kegiatan pembinaan dan pengembangan minat dan bakat siswa;
  10. Peningkatan profesionalitas tenaga pendidik dan kependidikan dengan berbagai kegiatan posiitf yang sesuai dengan tugasnya.

Tercapainya prestasi dalam berbagai kegiatan, baik akademis maupun non akademis.